0
UCS adalah User Coordinat System atau sistem koordinat pengguna, dan membantu anda dalam mengatur titik origin (0,0,0) serta arah orientasinya.

Untuk mengatur dan menerapkan sistem koordinat dalam 3D digunakan perintah UCS. Titik pusat dari UCS adalah titik 0,0,0 mempunyai sifat tidak permanen, yang berarti dapat diletakkan dimana saja.




UCS Origin
Titik origin merupakan titik pusat koordinat ruang yang akan menentukan nilai koordinat sebuah titik. Dalam pembuatan objek 3D, pengguaan titik origin dapat membantu anda untuk menentukan nilai koordinat.

Untuk menentukan titik origin UCS lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Buat objek box dengan ukuran bebas.
  2. Pada Ribbon pilih tab View panel Views klik menu drop-down 3D Navigations dan pilih ikon SW Isometric 
  3. Pada Ribbon pilih tab View panel Coordinates pilih Origin
  4. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis] 
<World>: _o

Specify new origin point <0,0,0>: Gunakan object snap endpoint dan tentukan titik UCS




UCS 3 Points
Selain titik origin, anda juga dapat menentukan titik orientasi UCS dengan menentukan 3 titik yang mewakili titik origin, sumbu X dan sumbu Y, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buat objek box dengan ukuran bebas.
  2. Pada Ribbon pilih tab View panel Views klik menu drop-down 3D Navigations dan pilih ikon SW Isometric  
  3. Pada Ribbon pilih tab View panel Coordinates pilih 3 Point
  4. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis] 
<World>: 3 8 Ketik 3 untuk memilih opsi 3 point


Specify new origin point <0,0,0>: Gunakan object snap endpoint dan tentukan titik origin UCS

Specify point on positive portion of X-axis <127.7721,86.2475,0.0000>: Gunakan object snap endpoint dan tentukan arah sumbu X

Specify point on positive-Y portion of the UCS XY plane 
<9.0000,-10.0000,0.0000>: Gunakan object snap endpoint dan tentukan arah sumbu Y




Memutar UCS
Anda dapat memutar UCS pada salah satu sumbu koordinat ruang dengan menggunakan sumbu tersebut sebagai acuan perputaran.

Untuk memutar UCS pada sumbu koordinat, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Pada Ribbon pilih tab View panel Coordinates pilih X 
  2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis] 
<World>: x 8  8 Ketik 3 untuk memilih opsi 3 point

Specify rotation angle about X axis <90>: 45 8 Tentukan sudut putar
    3.   Selanjutnya buat objek pada bidang UCS yang diputar.



Menyimpan UCS
AutoCAD menyediakan fasilitas yang digunakan untuk menyimpan UCS. Untuk menyimpan UCS anda dapat melakukannya dengan cara :
  1. Pada Ribbon tab View panel Coordinates pilih Named UCS
  2. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog UCS seperti yang terlihat pada gambar dibawah.
  3. Aktifkan tab Named UCSs.
  4. Pada kotak daftar Current UCS pilih Unnamed.
  5. Tekan F2, ketikkan nama UCS lalu tekan Enter.
  6. Tekan OK untuk menutup kotak dialog.

Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk UCS seperti : UCS View, UCS Object, UCS Face, UCS Z-Axis Vector dll.
Tapi saya tidak akan menjelaskannya satu per-satu, karena penggunaan UCS barusan pada dasarnya sama saja dengan penggunaan UCS pada postingan saya kali ini, karena masih ada keterkaitanya.
Semoga postingan ini bermanfaat.

Sumber referensi: Buku Jurus Ampuh Desain 3D AutoCAD 2012
Penulis : Nathanael
Penerbit : Asaque Publisher

Posting Komentar

 
Top