11
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang desain rumah type 36 di atas, sebenarnya desain yang di atas itu adalah salahsatu desain rumah yang saya tampilkan saat Expo Fair Job di SMK NEGERI 2 GARUT, karena masih ada hubungannya dengan desain rumah, jadi saya share aja di blog saya ini sebagai bahan bacaan sekaligus menjadi sedikit referensi untuk desain rumah yang anda impi-impikan. :D
O.K. . . Langsung saja ya. . .


Rumah ini dibangun di atas tanah berukuran 70 m2, yang termasuk lahan yang cukup luas untuk dibangun rumah type 36 m2. Karena dengan begitu perbandingan antara KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KDH (Koefisien Dasar Hijau) akan proporsional, artinya masih tersedian daerah resapan air hujan.

Tata ruang rumah ini terdiri dari ruang serbaguna, 2 ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan carport. Ruang serbaguna berukuran 3m X 4m berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga atau ruang lainnya. Ruang tidur utama berukuran 3m X 2,5m terletak di sisi kiri dari ruang serbaguna, sedangkan ruang tidur anak berukuran 2,5m X 2,5 m terletak dibagian belakang ruang serbaguna. Dapur berukuran 2m X 1,5m, sedangkan kamar mandi berukuran 1,5m X 1,5m. Dapur dan kamar mandi termasuk area servis sehingga diletakkan di bagian belakang rumah. Carport berukuran 4m X 3m tersedia dibagian kiri depan rumah.
Bangunan modern ini tampil dengan gaya minimalis. Penyelesaian pada dinding bangunan menggunakan cat warna putih dan oranye. Kolom-kolom di teras depan diberi motif garis-garis horisontal berwarna abu-abu agar berkesan lebar. Begitu juga dengan ornamen horisontal mirip jalusi di bagian atas kolom menambah kesan lebar pada tampak bangunan.
Jendela pada ruang tidur bagian depan diapit oleh dua dinding vertikal hingga ke bagian bawah carport. Dinding tersebut dicat oranye sehingga mempertegas keberadaan jendela. Kusen jendela dan pintu menggunakan alumunium yang praktis dan ringan. Agar penghuni merasa nyaman, disediakan lubang angin berbentuk persegi yang hadir ditiap ruangan sebagai ventilasi udara.
Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini. . .
Semoga bisa menjadi inspirasi untuk desain hunian rumah anda.

Terinspirasi dari buku "Desain Rumah di lahan 60-100m2"
"Rumah Type 36 dengan aplikasi jalusi berkesan lebar"
"Rumah Type 36 dengan hiasan batu alam "


Posting Komentar

  1. rumayan, cocok untuk keluarga kecil

    BalasHapus
  2. @bps kabupaten kutai baratIya mas... Insya Alloh nanti akan saya tambahkan untuk file .dwg nya...
    terima kasih telah berkunjung.. :)

    BalasHapus
  3. lebih pas berikut rab
    tks membantu sekali

    BalasHapus
  4. kok belum ditambah mas....detailnyaa

    BalasHapus
  5. menarik infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. keren design tampak dan layout denahnya sobat, 3d nya juga mantaps Gan ... sukses selalu

    BalasHapus
  7. @eben3dimpressionsMakasih mas.. :)
    Tapi masih sangat jauh kalau dibandingkan dengan hasil rendernya mas Eben3dimpressions..hhe.

    BalasHapus
  8. hai bro, minta tolong dong kalau ukuran 7*9 apa yang bisa diperkecil ya?

    BalasHapus
  9. @suryaBisa taman belakangnya di pangkas 1m.. menyisakan 50cm..
    atau taman depan dipangkas 50cm dan taman belakang dipangkas 50cm juga..

    BalasHapus

 
Top